Kamis, 08 April 2021

Email Blast Gratis - Tipe Media Digital Marketing

Email Blast Gratis - Digital Marketing atau yang biasa kita sebut dengan pemasaran secara digital adalah suatu metode atau cara yang digunakan untuk memasarkan sebuah brand atau produk dengan memanfaatkan media atau teknologi digital sebagai alat pendukungnya. Metode digital marketing ini sangat mampu untuk menjangkau audiens baik itu secara pribadi maupun umum, dan dengan menargetkan sasaran yang pas atau sesuai yang diingkan oleh audiens tersebut. Saat ini sudah ada banyak contoh dari platform-platform digital marketing, seperti platform Email Blast Gratis, WhatsApp Blast, IVR Blast, CRM, Omnichannel, dan lain sebagainya.


Tipe Tipe Media Digital Marketing


Tipe Tipe Media Digital Marketing
Tipe Tipe Media Digital Marketing

Sejarah Lahirnya Digital Marketing

Digital marketing memiliki hubungan yang erat dengan revolusi teknologi. Berawal dari teknologi analog ke teknologi digital pada tahun 1980-an. Saat itu, kehadiran teknologi digital membawa perubahan besar dan mulai banyak digunakan oleh orang-orang diseluruh dunia.

Dengan kehadiran teknologi digital yang terus bermunculan tersebut, membuat aspek bisnis dalam hal ini adalah pemasaran, mulai mengalami transformasi atau perubahan dari yang awalnya menggunakan media konvensional kini perlahan mulai pindah dengan menggunakan media pemasaran digital.

Dalam dunia Digital Marketing, media yang dibutuhkan atau digunakan terbagi menjadi 2 tipe, yakni:

  1. Media Non-Internet

Munculnya metode digital marketing berbasis non-internet bersamaan dengan berkembangnya teknologi. Sebelum televisi muncul, orang-orang sudah terbiasa dengan radio sebagai media untuk menyebarkan informasi yang ada pada saat itu.

Pada tanggal 11 Februari 1922, perusahaan teknologi AT & T pemiliki stasiun Radio WEAF mengumumkan jika radio mereka tidak hanya digunkan untuk menyiarkan program mereka sendiri saja, melainkan dapat digunakan oleh orang-orang yang sudah terikat kontrak dengan WEAF untuk menyiarkan program mereka sendiri.

Tujuh bulan berikutnya, tepatnya pada tanggal 28 Agustus 1922 perusahaan Queensboro yang merupakan perusahaan real estate di New York melakukan siaran radio selama 10 menit, yang mempromosikan kawasan perumahan yang baru saja mereka bangun. Siaran tersebut, diclaim sebagai siaran digital marketing non-internet pertama yang mengawali kelahiran teknologi digital marketing pada saat ini.

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi televisi ditemukan. Sekitar pada tahun 1941, siaran iklan di televisi pertama kali mulai mengudara. Siaran tersebut dilakukan oleh perusahaan Bulova Watch Company dengan membayar biaya iklan sebesar sembilan dolar.


Baca Yang Lain Juga:


  1. Media Internet

Digital marketing mulai berkembang seiring dengan munculnya teknologi internet. Pada tahun 1960-an teknologi internet baru mulai mendunia dan mulai digunakan oleh publik. Hal tersebutpun berdampak pada kesadaran para pelaku marketing , akan kebutuhan untuk menjangkau lebih banyak lagi audiens.

Iklan di internet pertama kali berisi sebuah ajakan untuk melihat produk terbaru dari sebuah komputer yang dijual pada saat itu. Iklan tersebut berbentuk seperti sebuah spam yang menempel pada email. Sehingga, iklan yang waktu itu dibuat tidak sama seperti iklan yang sering kita lihat sekarang.

Dari dua tipe media tersebut, mayoritas pelaku Digital Marketing saat ini menggunakan media tipe yang kedua. Karena, biaya yang perlu dikeluarkan tidak terlalu besar dan juga efektifitas untuk menjangkau konsumennya juga sangat luas.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.