Selasa, 01 Desember 2020

Potensi Pasar Pengguna WhatsApp

Potensi WhatsApp Bisnis - Saat ini media sosial memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang bisnis. Apalagi saat ini sebagian besar orang sudah memiliki smartphone dan dapat mengakses internet dengan sangat mudah. Menurut data yang didapat dari We Are Social, sekitar 95% dari pengguna internet di Indonesia, merupakan pengguna aktif media sosial. Diperkirakan jumlah pengguna media sosial di Indonesia sekitar 160 juta orang dan 99% dari jumlah tersebut mengakses media sosial melalui smartphone mereka masing-masing. 


WhatsApp Blast
Potensi WhatsApp Bisnis


Bukan hanya digunakan untuk berinteraksi saja, teknologi internet saat ini juga banyak digunakan untuk berbelanja kebutuhan maupun berjualan. 52% transaksi global dilakukan secara online menggunakan perangkat smartphone. Apalagi saat ini sudah tersedia platform WhatsApp Blast yang dapat dikombinasikan dengan WhatsApp Bisnis untuk mempermudah kegiatan bisnsi Anda.

80% pengguna internet di Indonesia telah melakukan pembelian secara online melalui perangkat smartphone mereka. Hal ini dikarenakan munculnya berbagai macam platform dan aplikasi yang memudahkan mereka untuk berbelanja secara online di mana saja dan kapan saja, termasuk berbelanja secara online melalui media sosial sekalipun. 

Kegiatan jual beli melalui media sosial ini disebut dengan istilah social commerce. Salah satu aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan di dunia saat ini adalah WhatsApp. Terdapat lebih dari 2 miliar pengguna Whatsapp di seluruh negara didunia. Dari 2 miliar pengguna ini, lebih dari setengahnya adalah pengguna aktif. Di Indonesia sendiri, aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi yang paling populer dengan jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak jika dibandingkan dengan aplikasi media sosial yang lainnya. 

Pada tahun 2018, WhatsApp meluncurkan aplikasi terbarunya yaknik aplikasi WhatsApp Bisnis. Aplikasi WhatsApp bisnis ini dibuat dengan tujuan untuk membantu para pebisnis terutama pebisnis kecil untuk membangun brand dan juga loyalitas para konsumennya. Aplikasi WhatsApp bisnis telah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna diseluruh dunia.

Aplikasi WhatsApp bisnis ini masih menjadi bagian dari social commerce, karena aktifitas transaksinya dilakukan melalui chat. Lalu apa saja yang didapat oleh pebisnis ketika menerapkan chat commerce menggunakan aplikasi WhatsApp bisnis ini.


WhatsApp Blast
Komunikasi Dua Arah


Komunikasi Dua Arah

Selain pasar yang luas, aplikasi WhatsApp bisinis juga memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara pemilik bisnis dengan konsumennya, sehingga dapat memudahkan kedua belah pihak dalam melakukan transaksi. Komunikasi langsung ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk/jasa.

Sebagian besar konsumen mengaku, jika mereka lebih yakin untuk membeli produk/jasa dari brand yang responsif terhadap chat mereka. Artinya, para pebisnis bisa mendapatkan kepercayaan lebih dari para konsumen mereka jika menerapkan sistem chat commerce pada bisnis mereka.

 

wa blast
wa blast


Meningkatkan Nilai Konversi

Menurut data riset yang didapat, menghubungi konsumen baru yang potensial setelah mereka menghubungi brand Anda untuk pertama kalinya, dapat meningkatkan nilai konversi hingga 113%. Hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya para pebisnis untuk tetap selalu menjaga komunikasi dengan para konsumennya. 

Melalui WhatsApp bisnis, para pebisnis dapat menjangkau lebih banyak konsumen dengan mudah, meningkatkan nilai penjualan dan juga meningkatkan terjadinya peluang repeat order, serta menjaga hubungan jangka panjang dengan konsumen Anda.

 

WhatsApp Blast
Memudahkan Konsumen Untuk Menghubungi Anda

Memudahkan Konsumen Untuk Menghubungi Anda

Whatsapp bisnis memudahkan konsumen untuk dapat terus terhubung dengan bisnis Anda. Apabila Anda sulit dihubungi oleh konsumen Anda, maka mereka pun kemungkinan besar akan malas untuk melanjutkan transaksi ditempat Anda dan mungkin akan memilih melakukan transaksi ditempat kompetitor Anda.

Menyertakan nomor whatsapp bisnis pada profile bisnis Anda tentunya dapat meningkatkan nilai penjualan hingga 27%. Dengan hadirnya aplikasi whatsapp bisnis ini, tentunya sangat memudahkan konsumen dalam berbelanja secara online melalui perangkat smartphone mereka. 

 

WhatsApp Blast
Fast Response

Respons yang Lebih Cepat Sampai

Lebih dari 80% pesan yang dikirim melalui WhatsApp bisnis langsung dibaca dalam waktu 5 menit setelah dikirim. Selain itu, tingkat open rate pesan Whatsapp bisnis sangat tinggi yakni sebesar 99%. Artinya, kemungkinan besar pesan Anda akan langsung dibaca oleh konsumen dan hal itu tentunya akan meningkatkan peluang pesan Anda akan langsung dibalas oleh mereka. 

 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.