Senin, 08 Maret 2021

Tips Email Blast Gratis - Meningkatkan Konversi Dengan CTA

Email Blast Gratis - Para marketer yang melakukan strategi content marketing ini memiliki tujuan yang beragam dan bermacam-macam. Salah satu tujuan yang paling sering dituju adalah meningkatkan konversi pada penjualan produk. Cara yang paling banyak digunakan untuk menaikan nilai konversi penjualan adalah dengan cara menambahkan elemen call-to-action (CTA).

CTA merupakan serangkaian pesan yang dibuat untuk mempersuasi audiens untuk melakukan suatu tindakan tertentu, seperti "Daftar Sekarang", "Hubungi Kami", atau "Lebih Lanjut". Dalam Email Blast Marketing, jika CTA yang dibuat tidak jelas atau bahkan tidak dibuat sama sekali, maka hal tersebut tentunya akan mempengaruhi hasil akhir dari strategi konten marketing yang dibuat.

CTA yang dibuat tidak harus selalu berbentuk tombol. Anda juga dapat memanfaatkan link ataupun gambar yang diletakan pada posisis yang pas, agar audiens yang menerima email tersebut dapat terkonversi menjadi konsumen.

CTA juga memiliki peran penting dalam proses content marketing untuk meningkatkan nilai konversi. Karena itu, para marketer perlu merencanakan urusan CTA ini secara matang, agar bisa mencapai tingkat konversi yang diharapkan.

 

Cara Membuat CTA Email Blast Gratis Untuk Meningkatkan Konversi


Cara Membuat CTA Email Blast Gratis Untuk Meningkatkan Konversi
Cara Membuat CTA Email Blast Gratis Untuk Meningkatkan Konversi

Pemilihan Warna Untuk CTA

Memanfaatkan warna yang menonjol untuk membuat CTA yang menarik dan bukan menggunakan warna netral seperti putih, hitam, atau abu-abu. Saat pemilihan warna untuk membuat CTA, sangat penting bagi Anda untuk memikirkan apakah warna ini dapat menarik perhatian dari audiens yang membaca email blast dari Anda.

Tips memilih warna untuk CTA yang baik adalah warna tersebut haruslah terang dan juga menonjol, serta terlihat lebih kontras dibandingkan dengan background email blast, dan harus bisa menarik perhatian konsumen.

Anda juga bisa melakukan A/B testing dengan menggunakan banyak warna untuk memilih warna mana yang lebih ampuh dan cocok untuk menarik perhatian audiens. Karena pada dasarnya tidak ada tips atau rumus yang pasti dalam pemilihan warna untuk CTA ini, oleh sebab itu Anda boleh melakukan pengujian A/B testing untuk mencari tau warna mana yang paling efektif digunakan pada CTA yang Anda buat.

 

Design Yang Menarik

Tidak jarang juga ada marketer yang membuat tampilan CTA pada email blastnya mencolok bahkan nyentrik. Seperti, menambahkan tanda panah, menggunakan gambar yang tidak relevan dengan isi emailnya, atau bahkan menggunakan efek visual yang terlalu berlebihan. Padahal, menurut beberapa test yang sudah pernah dilakukan, tampilan CTA yang sederhana akan lebih menarik perhatian audiens dibandingkan dengan tampilan yang sebelumnya tersebut.

Sederhana disini bukan asal design lalu ditambahkan kata-kata dan link. Akan tetapi tampilan sederhana yang menarik dengan tampilan warna yang kontras dan selaras dengan penempatan CTA tersebut. lalu dimaksimalkan dengan teknik copywritting yang baik dan penempatan layout yang pas.

Ukuran CTA juga tidak terlalu mempengaruhi efektifitas dari CTA yang dibuat. Pengaruh paling besar audiens untuk mengklik CTA yang Anda buat adalah dari narasi atau isi email blast yang telah Anda buat sebelumnya ataupun dari elemen-elemen pendukung email blast yang lainnya. CTA yang dibuat terlalu besar atau kebesaran tentunya akan merusak design dari email marketing tersebut, untuk itu silahkan pikirkan kembali bagaimana komposis, design, dan juga layoting email marketing yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalani.

 

Kata-kata CTA Harus Singkat Jelas Padat

Teks pada CTA sangat penting sekali. Anda harus membuatnya dengan baik agar dapat menyampaikan pesan persuasi yang jelas. Faktor penggunaan atau pemilihan kata untuk CTA ini juga sangat berpengaruh sekali.

CTA yang dibuat harus dapat langsung dicerna oleh audiens saat pertama kali membacanya. Audiens Anda tidak akan mau membuang-buang waktu untuk membaca CTA yang panjang.

Contoh kata kerja yang biasanya digunakan untuk pembuatan CTA seperti "Try", "Learn More", "Register", "Subscribe", dan lainnya. Penggunaan kata kerja untuk kalimat pada CTA lebih tepat dan disarankan karena audiens dapat langsung mengetahui maksud dan tujuan dari Email marketing yang Anda buat.

Selain kata kerja, Anda juga dapat menyelipkan atau menggabungkannya dengan kata waktu seperti "Now", "Today",  dan lainnya, guna menekankan tingkat urgensi dan memancing audiens untuk langsung mengklik CTA yang dibuat.

 

Mengoptimalkan Penampatan CTA

Posisi atau penempatan CTA juga sangat berpengaruh sekali terhadap keberhasilan email marketing untuk meningkatkan konversi. Ketika Anda meletakan CTA tersebut di tempat yang tepat, tentunya CTA tersebut dapat bekerja secara lebih maksimal. Sama seperti warna, posisi CTA ini juga tidak memiliki rumus atau tips yang pasti, oleh sebab itu Anda dapat melakukan eksperimen dengan menggunakan A/B testing.

 

Kurang lebih seperti itulah tips yang dapat saya berikan kepada kalian, agar kalian dapat membuat CTA yang efektif untuk kegiatan email marketing guna meningkatkan konversi pada bisnis kalian.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.