Email Blast Gratis - Terdapat beberapa tipe atau jenis email pada strategi email blast marketing yang biasa dilakukan oleh para pemilik bisnis. jenis-jenis email tersebut di antaranya seperti retention email, direct email, dan beriklan di email marketing milik orang lain.
Jenis-jenis Email Blast Marketing
Jenis-jenis Email Blast Marketing |
Retention Email
Retention email merupakan sebuah email yang dikirim kepada konsumen lama dengan tujuan agar mereka tetap terhubung dengan bisnis Anda. Retention email ini sangat penting bagi semua jenis bisnis yang ada. Isi pesan dari retention email ini biasanya bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara Anda dengan para konsumen lama Anda. Retention email ini merupakan salah satu cara atau pendekatan yang berbeda untuk menawarkan kembali produk Anda kepada para pelanggan lama bisnis Anda.
Bagi para pengusaha terutama para pengusaha online yang ingin terus menjaga hubungannya dengan para konsumen baru maupun lama pada bisnis mereka, maka mereka diharuskan untuk mengirimkan email marketing kepada para konsumen/subscriber email marketing bisnis Anda secara teratur dan terjadwal.
Retention email tidak harus selalu berisikan informasi mengenai promosi produk, tetapi bisa juga diselingi dengan informasi yang bermanfaat dan pasti diburuhkan oleh para konsumen Anda.
Direct Email
Direct email adalah jenis pesan email yang biasa digunakan untuk kegiatan email marketing. Jenis email ini biasanya akan dikirimkan langsung kepada konsumen yang alamat emailnya terdaftar sebagai subscriber. Biasanya direct email ini berisikan informasi maupun penawaran kepada konsumen yang dituju. Direct email ini bisa dibuat dan disajikan dalam bentuk teks yang umum digunakan atau bisa juga dalam bentuk HTML yang tentunya email tersebut menjadi lebih menarik untuk dibaca.
Setiap harinya, ada banyak sekali pebisnis yang mengirimkan email marketing ini kepada para konsumennya. Akan tetapi, tidak sedikit juga yang masih sering keliru dan malah memanfaatkan fitur direct email ini untuk terus-menerus mengirimkan email penawaran kepada para konsumennya sehingga dianggap sebagai spam.
Padahal, pendekatan yang salah seperti terus-menerus mengirimkan email penawaran kepada konsumen dapat berakibat buruk bagi bisnis Anda. Hal-hal buruk tersebut antara lain seperti, alamat email Anda akan ditandai sebagai spam, menurunya reputasi bisnis Anda, hasil yang didapat tidak akan maksimal, dan lain sebagainya.
Beriklan Pada Email Milik Orang Lain
Jenis email ini merupakan salah satu bentuk kegiatan marketing yang sangat efektif untuk dilakukan. Bagi Anda yang belum mempunyai subscriber untuk keperluan email marekting pada bisnis Anda. Maka Anda dapat menggunakan email list milik pebisnis lain ataupun publisher lain dengan cara membayar mereka untuk mengirimkan email Anda kepada para subscriber email marketing milik mereka.
Sudah banyak para pemilik bisnis yang menggunakan cara ini untuk memperkenalkan produk mereka dengan cara beriklan menggunakan email marketing milik orang lain. Bagi mereka yang memiliki email list yang cukup banyak, biasanya akan bersedia untuk mengirimkan email marketing promosi milik orang lain, baik itu dengan cara afilasi maupun dengan cara yang lainnya.
Banyak para pebisnis yang memiliki email list yang sangat banyak, meraup banyak keuntungan dari cara ini.
Keuntungan Pemasaran Menggunakan Email Marketing
Dibawah ini merupakan keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menerapkan strategi email marketing pada bisnis Anda.
Informasi Dapat Tersampaikan Lebih Cepat
Melakukan kegiatan promosi menggunakan media cetak ataupun media konvensional yang lainnya, pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Akan tetapi, jika Anda menggunakan strategi email marketing ini. Tentunya informasi yang akan Anda bagikan akan cepat tersebar dan tersampaikan kepada konsumen.
Promosi Lebih Terukur
Promosi yang Anda lakukan dengan menggunakan strategi email marketing tentunya dapat lebih terukur dengan baik. Hal itu dikarenakan Anda dapat melihat statistik campaign email marketing yang sudah Anda lakukan seperti, melihat berapa jumlah orang yang membuka dan membaca isi email Anda, melihat jumlah email yang terkirim maupun gagal terkirim, dan lain sebagainya.
Dengan begitu, Anda dapat melakukan evaluasi dan analisis untuk memperbaiki kekurangan pada campaign email marketing yang telah Anda buat, agar kegiatan campaign email marketing Anda yang selanjutnya dapat berjalan lebih baik lagi.
Bersifat Personal
Strategi email marketing jauh lebih bersifat pribadi/personal. Hal inilah yang membuat strategi email marketing ini mendapat perhatian yang lebih dari konsumen maupun calon konsumen. Saat konsumen atau calon konsumen merasa nyaman dan tidak keberatan menerima email marketing dari Anda. Maka hal tersebut akan membuat Anda lebih mudah lagi untuk menawarkan produk yang mereka butuhkan melalui email marketing yang Anda kirim.
Biaya Lebih Murah
Untuk melakukan strategi email marketing, Anda setidaknya membutuhkan sebuah layanan ataupun platform Email Blast untuk mengirimkan email marketing kepada seluruh konsumen yang Anda tuju. Meskipun memerlukan bantuan platform khusus, akan tetapi dana yang perlu dikeluarkan tidak terlalu besar atau mahal.
Kurang lebih seperti itulah Pemasaran Online Menggunakan Email Marketing yang merupakan salah satu strategi pemasaran yang cocok digunakan untuk segala macam jenis bisnis.
0 komentar:
Posting Komentar