Selasa, 02 Februari 2021

Email Blast Untuk Strategi Konten Marketing

Email Blast Gratis - Strategi konten marketing adalah strategi digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berkualitas, relevan, dan juga konsisten dengan menggunakan platform Email Blast untuk mendistribusikannya. Tujuan dari strategi konten marekting ini adalah untuk menarik minat dan perhatian dari audiens sehingga dapat memberikan keuntungan untuk bisnis yang dijalani.

Menurut hasil studi yang dilakukan oleh Abeerden Group, rata-rata tingkat konversi bisnis yang menggunakan strategi konten marketing ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan bisnis atau website yang tidak menerapkan strategi konten marketing.

Oleh karena hal itu, jika saat ini bisnis Anda belum menerapkan strategi konten marketing, maka Anda harus segera menerapkannya kedalam strategi marketing bisnis Anda.


Tips Menerapkan Strategi Konten Marketing Dengan Email Blast
Tips Menerapkan Strategi Konten Marketing Dengan Email Blast


Tips Menerapkan Strategi Konten Marketing Dengan Email Blast

Tujuan Konten Tersebut Dibuat

Penting bagi kita untuk menentukan tujuan ketika ingin melakukan sesuatu. Termasuk dalam menjalankan strategi content marketing ini. Tanpa adanya tujuan, berarti Anda tidak memiliki sesuatu yang ingin dicapai. Tanpa tujuan, Anda hanya akan terlihat seperti pebisnis yang berjalan tanpa arah.

Menentukan tujuan dari content marketing juga harus dilakukan secara bertahap. Dimulai dari peningkatan brand awareness, mengkonvert audiens menjadi konsumen/leads, mempertahankan loyalitas para konsumen, dan seterusnya.

Dalam menentukan tujuan konten marketing, Anda jangan sampai melupakan salah satu unsur terpentingnya, yaitu angka. Angka ini dapat menjadi tolak ukur tingkat keefektivitasan campaign content marekting yang Anda buat. Anga ini sangat Anda butuhkan untuk melakukan evaluasi dari hasil campaign yang sudah Anda jalankan.

 

Menentukan Buyer Persona

Buyer persona adalah konsumen yang tidak nyata atau fiktif, yang sengaja dibuat dengan karakteristik tertentu sebagai gambaran dari konsumen atau target pasar yang ditargetkan. Identitas serta krakteristik fiktif tersebut tentunya dibuat agar mewakili sifat konsumen yang paling potensial untuk bisnis Anda.

Buyer persona harus dideskripsikan selengkap mungkin, mulai dari jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan sebagainya. Dengan begitu, konten marketing yang akan Anda buat nantinya dapat sesuai dengan harapan konsumen yang akan Anda tuju nanya, hal ini juga ditujukan untuk memperbesar kemungkinan terjadinya konversi.

 

Tentukan Jenis Konten Yang Ingin Dibuat

Jenis konten tentunya harus sesuai dengan target pasar yang dituju, karena setiap target pasar pastinya memiliki selera dan kesukaan yang berbeda-beda. Jika Anda baru mulai menggunakan strategi ini, maka Anda dapat mencobanya dengan membuat semua jenis konten yang bisa Anda buat. Tentunya dalam membuat konten tersebut harus disertai dengan trend yang sedang berlangsung.

Konten Marketing Yang Dapat Dikirim Dengan Email Blast

  • Artikel

Konten ini sangat umum dan sudah banyak digunakan. Jenis konten ini biasanya sering dipublikasikan melalui blog ataupun lewat Email Blast Newslettter. Dalam strategi content marketing, artikel harus dibuat serelevan mungkin dengan bisnis Anda serta mengikuti kesukaan konsumen, dan sebisa mungkin artikel tersebut harus rajin di update demi menjaring dan mendatangkan traffic/konsumen baru ke website milik Anda.

  • Infografik

Infografik sangat cocok digunakan untuk menyampaikan banyak informasi dalam bentuk visual. Informasi yang dicakup disini biasanya berisikan rangkuman-rangkuman mengenai produk bisnis Anda. Infografik sangat berguna untuk menyampaikan pesan atau informasi dengan efektif kepada target pasar yang Anda tuju.

  • Video

Video merupakan konten yang saat ini sedang banyak dicari dan dibuat oleh orang-orang. Konten berupa video ini cenderung lebih mudah tersebar luas dengan mudah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh HubSpot, konten berjenis video 40x lipat jauh lebih sering dibagikan pada platform media sosial.

 

Melakukan Evaluasi Konten

Setelah strategi content marketing sudah Anda jalankan, maka saatnya bagi Anda untuk melakukan evaluasi dan juga review terhadap konten-konten yang sudah Anda buat dan bagikan sebelumnya.

Evaluasi konten ini sangat berguna untuk menemukan konten seperti apa yang paling banyak mendapatkan reaksi dan juga digemari oleh konsumen, lalu mengetahui konten mana saja yang menghasilkan konversi tinggi, dan sebagainya. Dengan melakukan evaluasi ini, Anda dapat memperbaiki kualitas konten marketing Anda kedepannya nanti.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.