Kamis, 24 September 2020

Tips Agar Konsumen Mau Melakuakn Repeat Order Lagi Dengan Menggunakan WA Bisnis

Lautan Marketing - Sebagai pebisnis, tentunya Anda akan senang apabila konsumen Anda datang lagi dan lagi untuk membeli produk yang Anda jual. Situasi seperti ini disebut dengan istilah repeat order. Jika hal tersebut sering terjadi berulang kali, bayangkan berapa keuntungan yang akan Anda dapatkan, pasti banyak sekali bukan.

Yang jadi permasalahannya adalah, tidak semua pebisnis mampu jenis bisnis dapat menarik pelanggan agar mereka mau melakukan pembelian secara kontinue. Banyak hal yang dapat menyebabkan hal tersebut.

WhatsApp Bisnis
WhatsApp Bisnis

Lalu, Apa Yang Harus Dilakukan Agar Penjualan Produk Dapat Mengalami Repeat Order?

Agar produk yang dijual dapat mengalami repeat order, Anda dapat menyimak tips-tips dibawah ini. Tips-tips dibawah ini dapat Anda praktikan untuk segala jenis bisnis, baik itu bisnis online maupun offline.

WhatsApp Bisnis
WhatsApp Bisnis

1. Mengirim Notifikasi

Strategi mengirimkan notifikasi bukanlah strategi mengirimkan pesan spamming. Hal ini yang pertam kali harus Anda ketahui, karena banyak orang yang salah sangka dengan strategi ini. Strategi notifikasi sangat dibutuhkan terutama ketika Anda memiliki sebuah produk baru ataupun sedang ada promosi pada produk yang Anda jual.

Semua orang saat ini memerlukan notifikasi dalam hidupnya. Seperti saat bangun tidur, sarapan, makan siang, mengerjakan tugas, hingga beranjak tidur. Notifikasi ini seakan menjadi pengingat kita untuk melakukan sesuatu.

Begitu juga dengan bisnis. Agar konsumen Anda tidak merasa terbebani, Anda dapat mengirimkan notifikasi kepada mereka berupa pesan WhatsApp. Tentu saja, Anda tidak perlu melakukannya secara manual satu persatu dalam mengirimkan pesan WhatsApp ini. Anda dapat menggunakan layanan WhatsApp Bisnis Blast untuk mempermudah Anda dalam mengirmkan pesan WhatsApp sebagai notifikasi kepada seluruh konsumen Anda.


2. Menawarkan Keanggotaan

Salah satu cara yang banyak digunakan agar produk yang dijual mengalami repeat  order adalah dengan menawarkan keanggotaan kepada para konsumen Anda. Hampir setiap toko baik itu toko online maupun offline, ketika konsumennya sudah atau sedang melakukan transaksi, pasti akan ditanyakan mengenai membership atau keanggotaan. Jika belum, maka biasanya konsumen tersebut akan ditawarkan keanggotaan untuk mendapatkan benefit atau bonus khusus.

Jika konsumen Anda belum memiliki membership atau keanggotaan, Anda bisa mencoba untuk menawarkan kepadanya keanggotaan. Jika konsumen Anda berkenan, Anda pun dapat meraih dua keuntungan.

Keuntungan yang pertama adalah Anda dapat memperoleh database pelanggan. Lalu keuntungan yang kedua adalah meningkatkan kemungkinan terjadinya repeat order.


3. Mengelola Kepercayaan

Apa yang harus dikelola agar konsumen Anda mau melakukan repeat order? Tentu saja, jawabannya adalah kepercayaan mereka. Lalu, bagaimana cara kita mengelola kepercayaan konsumen tersebut?

Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk mengelola kepercayaan konsumen. Seperti, mengirimkan invoice dari hasil transaksi, mengirimkan pesanan konsumen tepat waktu, meningkatkan kualitas layanan, dan lain sebagainya.

Tapi yang paling terpenting adalah fast response dalam menangani keluhan konsumen. Hal ini tidak boleh dilupakan bahkan jika bisnis Anda sudah besar.

Jika Anda melakukan tips ini dengan tepat, maka besar kemungkinan produk Anda akan mengalami repeat order. Untuk memudahkan Anda dalam menangani keluhan konsumen dengan cepat, Anda dapat menggunakan bantuan WhatsApp Bisnis Customer Service yang memudahkan Anda untuk menangani keluhan konsumen dengan cepat dan mudah.


4. Menarik Perhatian Konsumen

Tips agar konsumen melakukan repeat order, yaitu dengan cara menarik perhatian konsumen. Anda bisa melakukan cara ini ketika Anda sudah merilis atau menjual produk terbaru dari bisnis Anda.

Caranya, bisa dengan menggunakan voucher atau kupon potongan harga. Anda bisa memasukan detail atau informasi yang berisfat urgent, seperti kupon atau voucer tersebut akan hangus dalam beberapa hari atau kupon yang sifatnya terbatas/limited.

Maka dengan cara itu, konsumen Anda akan melakukan repeat order karena sudah berhasil Anda tarik perhatiannya dengan menggunakan voucer atau kupon tadi.


5. Memberikan Hadiah/Giveaway

Anda sesekali bisa mengadakan giveaway atau memberikan hadiah kepada konsumen Anda. Contohnya, jika konsumen Anda sedang berulang tahun Anda dapat memberikan hadiah kepada konsumen tersebut. Anda bisa memberikan voucer atau diskon potongan harga khusus kepada mereka.

Dengan melakukan hal tersebut, maka akan meningkatkan kemungkinan terjadinya repeat order dan tentunya juga bisa meningkatkan rasa loyalitas konsumen terhadap bisnis Anda.  

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.