Lautan Marketing - Sebagai pebisnis, tentunya Anda akan senang apabila konsumen Anda datang lagi dan lagi untuk membeli produk yang Anda jual. Situasi seperti ini disebut dengan istilah repeat order. Jika hal tersebut sering terjadi berulang kali, bayangkan berapa keuntungan yang akan Anda dapatkan, pasti banyak sekali bukan.
Yang jadi permasalahannya adalah, tidak semua pebisnis mampu jenis bisnis dapat menarik pelanggan agar mereka mau melakukan pembelian secara kontinue. Banyak hal yang dapat menyebabkan hal tersebut.
Lalu, Apa
Yang Harus Dilakukan Agar Penjualan Produk Dapat Mengalami Repeat Order?
Agar produk yang dijual dapat mengalami repeat order,
Anda dapat menyimak tips-tips dibawah ini. Tips-tips dibawah ini dapat Anda
praktikan untuk segala jenis bisnis, baik itu bisnis online maupun offline.
1.
Mengirim Notifikasi
Strategi mengirimkan notifikasi bukanlah strategi mengirimkan
pesan spamming. Hal ini yang pertam kali harus Anda ketahui, karena
banyak orang yang salah sangka dengan strategi ini. Strategi notifikasi sangat
dibutuhkan terutama ketika Anda memiliki sebuah produk baru ataupun sedang ada
promosi pada produk yang Anda jual.
Semua orang saat ini memerlukan notifikasi dalam hidupnya. Seperti
saat bangun tidur, sarapan, makan siang, mengerjakan tugas, hingga beranjak
tidur. Notifikasi ini seakan menjadi pengingat kita untuk melakukan sesuatu.
Begitu juga dengan bisnis. Agar konsumen Anda tidak merasa
terbebani, Anda dapat mengirimkan notifikasi kepada mereka berupa pesan
WhatsApp. Tentu saja, Anda tidak perlu melakukannya secara manual satu persatu
dalam mengirimkan pesan WhatsApp ini. Anda dapat menggunakan layanan WhatsApp Bisnis Blast untuk mempermudah Anda dalam mengirmkan pesan WhatsApp sebagai
notifikasi kepada seluruh konsumen Anda.
2.
Menawarkan Keanggotaan
Salah satu cara yang banyak digunakan agar produk yang
dijual mengalami repeat order adalah
dengan menawarkan keanggotaan kepada para konsumen Anda. Hampir setiap toko baik
itu toko online maupun offline, ketika konsumennya sudah atau sedang melakukan
transaksi, pasti akan ditanyakan mengenai membership atau
keanggotaan. Jika belum, maka biasanya konsumen tersebut akan ditawarkan keanggotaan
untuk mendapatkan benefit atau bonus khusus.
Jika konsumen Anda belum memiliki membership atau
keanggotaan, Anda bisa mencoba untuk menawarkan kepadanya keanggotaan. Jika konsumen
Anda berkenan, Anda pun dapat meraih dua keuntungan.
Keuntungan yang pertama adalah Anda dapat memperoleh database pelanggan.
Lalu keuntungan yang kedua adalah meningkatkan kemungkinan terjadinya repeat
order.
3.
Mengelola Kepercayaan
Apa yang harus dikelola agar konsumen Anda mau
melakukan repeat order? Tentu saja, jawabannya adalah kepercayaan
mereka. Lalu, bagaimana cara kita mengelola kepercayaan konsumen tersebut?
Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk mengelola
kepercayaan konsumen. Seperti, mengirimkan invoice dari hasil transaksi, mengirimkan
pesanan konsumen tepat waktu, meningkatkan kualitas layanan, dan lain
sebagainya.
Tapi yang paling terpenting adalah fast response dalam
menangani keluhan konsumen. Hal ini tidak boleh dilupakan bahkan jika bisnis
Anda sudah besar.
Jika Anda melakukan tips ini dengan tepat, maka besar
kemungkinan produk Anda akan mengalami repeat order. Untuk memudahkan
Anda dalam menangani keluhan konsumen dengan cepat, Anda dapat menggunakan
bantuan WhatsApp Bisnis Customer Service yang memudahkan Anda
untuk menangani keluhan konsumen dengan cepat dan mudah.
4. Menarik
Perhatian Konsumen
Tips agar konsumen melakukan repeat order, yaitu dengan
cara menarik perhatian konsumen. Anda bisa melakukan cara ini ketika Anda sudah
merilis atau menjual produk terbaru dari bisnis Anda.
Caranya, bisa dengan menggunakan voucher atau
kupon potongan harga. Anda bisa memasukan detail atau informasi yang berisfat urgent,
seperti kupon atau voucer tersebut akan hangus dalam beberapa hari atau kupon
yang sifatnya terbatas/limited.
Maka dengan cara itu, konsumen Anda akan melakukan repeat
order karena sudah berhasil Anda tarik perhatiannya dengan menggunakan
voucer atau kupon tadi.
5.
Memberikan Hadiah/Giveaway
Anda sesekali bisa mengadakan giveaway atau memberikan hadiah
kepada konsumen Anda. Contohnya, jika konsumen Anda sedang berulang tahun Anda
dapat memberikan hadiah kepada konsumen tersebut. Anda bisa memberikan voucer
atau diskon potongan harga khusus kepada mereka.
Dengan melakukan hal tersebut, maka akan meningkatkan
kemungkinan terjadinya repeat order dan tentunya juga bisa meningkatkan
rasa loyalitas konsumen terhadap bisnis Anda.
0 komentar:
Posting Komentar