Selasa, 22 Desember 2020

Mengumpulkan Feedback Dengan WhatsApp Blast

WhatsApp Blast - Setiap harinya, banyak sekali pebisnis baru yang lahir. Hal ini tentunya dikarenakan mudahnya dalam membuka sebuah usaha atau bisnis, apalagi jika bisnis tersebut adalah bisnis online. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada persaingan bisnis yang makin ketat dan panas setiap harinya.

Untuk mengatasi agar bisnis yang kita jalani tidak kalah saing atau tersikut oleh kompetitor bisnis kita. Anda perlu meminta kritik dan saran dari para konsumen Anda, terkait dengan produk maupun kualitas layanan yang diberikan kepada mereka.

Banyak sekali pebisnis yang menganggap remeh soal kritik dan saran ini, terutama bagi mereka yang baru memulai berbisnsi. Asal Anda tahu saja, jika kritk dan saran ini tentunya akan sangat membatu kita dalam meningkatkan dan juga mengembangkan binsis/usaha yang kita jalani. Mulai dari kualitas produk, kualitas layanan kepada konsumen, hingga tingkat kepuasan mereka berbelanja di tempat Anda.

Lalu bagaimana cara saya mengumpulkan kritik dan saran untuk bisnis saya dengan mudah? Well, Anda dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk mendapatkan kritik dan saran dari konsumen dengan mudah.


Mengumpulkan Feedback Dengan WhatsApp Blast

Mengumpulkan Feedback Dengan WhatsApp Blast
Mengumpulkan Feedback Dengan WhatsApp Blast


Menggunakan Survei

Untuk mengumpulkan kritik dan saran dari konsumen, Anda dapat membuat sebuah survei sederhana yang berisikan pertanyaan-pertanyaan serta kotak kritik dan saran yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas binsis Anda.

Membuat sebuah survei yang baik memang tidak semudah seperti membicarakannya. Anda diharuskan dapat membuat pertanyaan survei yang singkat, jelas, dan padat agar pertanyaan yang Anda buat dapat langsung dimengerti oleh konsumen Anda.

Dalam membuat pertanyaan survei, sebaiknya cantumkan hal-hal yang berkaitan dengan penilaian yang ingin Anda ambil saja. Seperti tentang kualitas produk, layanan, kebersihan, dan lain sebagainya. Jangan membuat pertanyaan survei yang tidak penting atau tidak berhubungan dengan bisnis yang Anda jalani.

 

Email Kritik dan Saran

Menggunakan email untuk mengumpulkan kritik dan saran dari konsumen juga sudah banyak dilakukan oleh para pemilik bisnis. Email banyak digunakan untuk mengumpulkan kritik dan saran dari konsumen karena sistemnya yang terorganisir dengan baik serta dapat memberikan balasan email untuk mengucapkan terimakasih pada setiap konsumen yang sudah memberikan kritik dan saran mereka.

Anda dapat menggunakna platform Email Blast agar dapat mengirimkan email kritik dan saran ini kepada seluruh konsumen Anda secara otomatis, mudah, dan cepat.

Saat ini sudah ada berbagai macam penyedia platform Email Blast dari yang gratis hingga yang berbayar. Tergantung dari kebutuhan yang Anda perlukan. Penyedia platform tersebut antara lain seperti, OCA Indonesia, MailChimp, Sendinblue, dan kirim.email.

Para penyedia platform Email Blast tersebut sudah terbukti bagus dan banyak digunakan oleh para pemilik bisnis. Salah satu penyedia platform email balst yang terbaik menurut saya adalah OCA Indonesia. OCA Indonesia memiliki berbagai macam platform Omnichannel yang lengkap, mulai dari Email Balst, WhatsApp Blast, SMS Blast, dan lain sebagainya, yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan kualitas serta meminta kritik dan saran dari konsumen Anda dengan mudah dan cepat.

 

Media Sosial

Manfaatkan media sosial secara efektif guna mengumpulkan kritik dan saran yang dapat membangun bisnis/usaha Anda untuk tumbuh lebih besar lagi. Saat ini, sangat sulit sekali ditemukan orang-orang yang tidak memiliki akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Saya sendiri sangat yakin jika konsumen Anda pastinya mempunyai satu akun media sosial pribadi milik mereka.

Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mengumpulkan kritik dan juga saran dari konsumen Anda untuk perkembangan bisnis Anda kedepannya nanti. Selain itu, Anda juga dapat mengucapkan terimakasih kepada konsumen yang sudah memberikan kritik dan saran untuk bisnis Anda melalui kolom komentar yang ada pada media sosial.

 

Kotak Komentar

Anda dapat memanfaatkan kotak komentar yang ada pada website Anda ataupun menggunakan kotak asli dan kertas untuk mengumpulkan kritik dan saran dari konsumen Anda.

Mengumpulkan kritik dan saran dari konsumen tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi, Anda juga dapat menggunakan cara lama seperti menggunakan kotak saran dan kertas untuk menuliskan kritk dan saran. Setelah kotak kritik dan saran yang Anda buat penuh atau sudah banyak orang yang sudah memberikan kritiknya, Anda dapat melakukan langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan analisa dan menentukan apa-apa saja yang harus Anda perbaiki dan tingkatkan dalam bisnis/usaha milik Anda.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.