Selasa, 01 September 2020

Mengirim Pesan WA Dengan Jarvis

cara membuat akun bisnis wa
cara membuat akun bisnis wa

Lautan Marketing - Tahun lalu, Google telah menambahkan fitur WhatsApp Bisnis pada aplikasi Google Assistant milik mereka sehingga dapat digunakan untuk mengirim pesan WA. Pesan yang dapat dikirim oleh Google Assistant baru dapat berupa pesan teks, suara, atau video.

Sebelum adanya pembaharuan fitur ini, Google Assistant hanya dapat mendukung aplikasi bawaan buatan Google saja seperti Hangouts dan Google Duo untuk mengirimkan pesan teks, suara, dan juga video. Mengenai dukungan untuk fitur WhatsApp bisnis pada saat itu masih digulirkan secara bertahap oleh pihak Google.


cara mengirim pesan wa dengan google assistant
cara mengirim pesan wa dengan google assistant

Cara Mengirim Pesan WA Dengan Google Assistant 

Sebelum Anda meminta Google Assistant untuk mengirimkan pesan WhatsApp, pastikan terlebih dahulu kalau Anda sudah memiliki nomor yang ingin dituju dan sudah menyimpannya dalam kontak milik Anda. 

Jika syarat tersebut tidak Anda penuhi, Google Assistant tidak dapat memproses permintaan Anda untuk mengirim pesan WA ke nomor yang dituju.

Tapi jika syarat tersebut sudah terpenuhi, Anda dapat langsung mengirimkan pesan WA-nya melalui Google Assistant. 

Untuk dapat mengirimkan pesan WhatsApp menggunakan Google Assistant, Anda dapat mengikuti tutorial dibawah ini:

  • Buka Google Assistant dengan men-tap atau hold tombol Home pada ponsel Anda. Atau bagi Anda yang menggunakan ponsel ber-OS Android, Anda hanya cukup mengatakan "Ok Google" dan secara otomatis Google Assistant akan terbuka.
  • Format perintah Google Assistant untuk mengirimkan pesan WhatsApp adalah dengan mengatakan "kirim WhatsApp + (nama kontak)"
  • Kemudian Google Assistant akan menanyakan isi pesan apa yang akan Anda kirim. pada langkah ini Anda hanya harus mengatakan pesan apa yang ingin Anda kirim, dan secara otomatis Google Assistant akan mengetikan isi pesan WA Anda.
  • Lalu, Google Assistant akan mengkonfirmasi pesan Anda dengan cara membacakan isi pesan Anda lalu menanyakan apakah Anda mau mengirim isi pesan tersebut atau tidak.
  • Jika Anda mau mengirim pesan tersebut, Anda cukup mengatakan “kirim” dan jika dirasa ada yang ingin Anda ubah Anda bisa mengatakan “ubah”.
  • Jika Anda memutuskan untuk mengirim pesan tersebut, maka secara otomatis Google Assistant akan mengirimkan pesan Anda ke kontak yang sudah dituju tersebut.

Cara di atas bisa dilakukan dengan menggunakan setting-an Bahasa Indonesia pada aplikasi Google Assistant milik Anda. Untuk dapat mengirimkan pesan video atau suara Anda harus menggunakan perintah dalam bahasa Inggris dengan format "Hey Google, WhatsApp video + (sebut nama kontak)". Hal itu disebabkan karena perintah mengirim pesan video atau suara masih belum tersedia dalam bahasa Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.