Selasa, 28 Juli 2020

Cara Membuat Link Direct Ke WhatsApp

Lautan Marketing - Saat ini, kita bisa saling bertukar pesan kepada para pengguna WhatsApp yang lain tanpa perlu saling menyimpan nomor telepon. Tentu saja, fitur ini sangat disambut hangat oleh para pebisnis pasalnya fitur ini sangat mempermudah mereka untuk bisa saling berkomunikasi dengan para konsumen mereka.

cara membuat akun whatsapp baru

Fitur Click to Chat pada aplikasi WhatsApp bisnis ini sangat bermanfaat sekali untuk para pelaku bisnis online, bagaimana tidak jika dulu masih menggunakan SMS, Telepon atau menggunakan live chat yang membutuhkan effort yang lebih hanya untuk sekedar bertanya-tanya mengenai produk yang akan dibeli. Selain itu dari sisi penjual, adanya aplikasi WhatsApp bisnis ini tentu sangat lebih memudahkan dalam menjalin komunikasi dengan para konsumen.

Sekarang ini, untuk bisa membuat sebuah link WhatsApp bisnis yang langsung diarahkan ke chat pribadi sangatlah mudah sekali, WhatsApp juga sudah menjelaskan bagaimana cara membuatnya pada situs resmi milik mereka. Namun disini saya akan memberikan pengembangan yang lebih sehingga bisa bermanfaat untuk mendorong maju usaha Anda.

 

cara membuat akun whatsapp baru

Cara Membuat Link WhatsApp

Terdapat 3 cara untuk membuat link WhatsApp yang bisa Anda gunakan, Anda bisa memilih salah satu cara yang menurt Anda paling mudah untuk di praktikan, berikut ini adalah cara membuat WhatsApp Click to Chat:

 

1. Membuat Link WhatsApp Menggunakan shortlink

Untuk membuat link WhatsApp dengan cara pertama ini, caranya cukup mudah. Anda hanya tinggal memasukan nomor telepon pada menu shortlink WhatsApp saja. Untuk implementasinya bisa Anda bagikan di facebook, instagram, blog, website, toko online dan lain sebagainnya, yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hasil link yang didapat dengan menggunakan cara ini adalah seperti berikut:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281939123456

https://wa.me/6281234567890

 

2. Membuat Link WhatsApp Menggunakan Bitly

Membuat link WhatsApp dengan cara yang kedua ini menggunakan bantuan shortener. Shortener ini adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk memperpendek link URL sehingga bisa lebih mudah untuk diingat. Ada banyak jenis shortener URL yang bisa ditemui saat ini, tetapi saat ini lebih banyak yang menggunakan Bitly shortener. Untuk membuat shortlink dengan menggunakan Bitly ini caranya pun sangat mudah, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Pertama silahkan Anda buka website ‘Bitly’. 
cara membuat akun whatsapp baru

Jika sudah, silahkan masukan link yang ingin Anda perpendek. Sebagai contoh, saya menggunakan link WhatsApp saya,  lalu berikutnya klik Shorten.

  • Untuk hasil dari shortener akan ditampil pada bawah kolom, Anda hanya tinggal mengcopynya saja.
cara membuat akun whatsapp baru

Agar bisa mendapatkan shortener link custom dari Bitly, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah itu tinggal masukan saja kata yang ingin Anda gunakan untuk link shortener Anda.

 

3. Membuat Link WhatsApp Menggunakan Gambar

Cara terkahir dalam membuat link WhatsApp menuju chat adalah dengan menggunakan gambar. Dengan menggunakan gambar yang menarik, diclaim bisa meningkatkan rasio konversi penjualan. Anda bisa membuat atau mencari sendiri gambar desain CTA WhatsApp button di Google seperti berikut ini:

cara membuat akun whatsapp baru

Cara membuatnya pun cukup mudah, jika Anda menggunakan CMS jenis WordPress Anda bisa mengikuti langkah dibawah ini untuk membuat link WA dengan gambar:

cara membuat akun whatsapp baru

  • Silahkan tambahkan dulu gambarnya dengan cara Add Media 
  • Isi Alt Image dan Deskripsi gambar seperti biasa lalu tambahkan pada halaman postingan kalian.
  • Jika sudah, klik logo lalu klik ‘Insert and Edit Link’ pada dashboard WordPress Anda.
  • Masukan URL WhatsApp tujuan kalian, lalu kemudian klik ‘Add Link’.

Setelah selesai, silahkan coba Anda cek terlebih dahulu apakah link pada gambar tersebut sudah aktif atau belum. Jika sudah aktif, maka Anda sudah berhasil membuat gambar yang jika di klik akan langsung mengarah ke chat WhatsApp kalian.

 

Itulah, 3 langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk membuat link chat WhatsApp untuk kebutuhan bisnis kalian.



0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.